IMPLEMENTASI METODE FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III MI NEGERI I TUBAN

Pratiwi, Fina Ilma (2025) IMPLEMENTASI METODE FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III MI NEGERI I TUBAN. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pratiwi, Fina Ilma. 2025. Implementasi Metode Flipped Classroom pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas III MI Negeri 1 Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing: Syamsul Hadi, M.Pd. Pengembangan kreativitas siswa sangat penting untuk berproses dalam pembelajaran. Namun, ada beberapa siswa kurang aktif, kurang percaya diri dan kurang menyampaikan ide mereka sendiri. Pada pembelajaran yang efektif perlu disusun untuk merancang potensi yang kreatif, salah satunya menggunakan metode flipped classroom. Pada penerapan metode flipped classroom siswa diharapkan untuk belajar secara mandiri di rumah melalui video, beberapa siswa kesulitan untuk memahami dan menjadikan kurang berpartisipasi dalam diskusi kegiatan di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode flipped classroom pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas III B MI Negeri 1 Tuban, serta mendeskripsikan hambatan yang dialami oleh guru dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan atau tantangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Sumber data primer penelitian ini dari guru dan murid kelas III B, sedangkan sumber data sekunder berasal dari modul ajar mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode flipped classroom dapat mengembangkan kreativitas siswa, terutama dalam diskusi kelompok, tugas praktik dan kepercayaan diri siswa dalam berkarya. Siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan mampu mengekspresikan ide melalui kegiatan prakarya. Terlebih dahulu, siswa belajar di rumah melalui video pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Saat di kelas mereka menunjukkan pengembangan dalam bertanya, berdiskusi, menyampaikan pendapat dan bekerja sama untuk membuat karya seni. Kreativitas siswa tampak saat keberanian menyampaikan ide dengan teman sebaya dan menyelesaikan masalah secara bersama. Hambatan yang muncul siswa yang tidak memahami materi video dan keterbatasan akses internet atau materi. Upaya guru menyederhanakan materi, membantu dalam diskusi dan membuat ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Pendekatan ini membantu pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya berbasis kreativitas dengan baik. Kata Kunci: Metode Flipped Classroom, Seni Budaya dan Prakarya dan Kreativitas Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Fina Ilma Pratiwi
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:20
Last Modified: 13 Aug 2025 00:50
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item