Na’lamul, Akhfa (2019) Penggunaan Strategi Index Card Match Dan True Or False Pada Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Bogorejo Kec. Sedan Kab. Rembang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
Halaman Awal.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (973kB) |
Abstract
Pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru pada kurikulum 2013 masih menggunakan pembelajaran konvensional yang meliputi ceramah, tanya jawab, penugasan. Penerapan pembelajaran konvensional akan membuat siswa jenuh dan mengakibatkan kualitas belajar siswa tidak optimal. Pembelajaran yang efektif dibutuhkan untuk mengoptimalkan hasil belajar pada pembelajaran Tematik. Strategi True or False dan Index Card Match. Strategi manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar Tematik di antara Index Card Match dan True or False. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi mana yang paling efektif antara Index Card Match dan True or False terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas II SD Negeri Bogorejo Kota Rembang pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di sekitarku. Jenis penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan desain pretest-postest controll group. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas II SD Negeri Bogorejo sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan cara dijadikan dua kelompok. populasi 21 siswa. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Anova. Hasil Penelitian menunjukkan dari analisis diperoleh rata-rata kelompok kontrol sebesar 68.00. nilai kelompok eksperimen sebesar 69.09, berdasarkan hal tersebut, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbandingan efektifitas antara strategi strategi index card match dengan true or false pada pembelajaran Tematik, melalui skala likker. Hasil persentase yang didapatkan pada penelitian ini untuk strategi index card match sebesar 87.5% (kategori tinggi). Adapun strategi true or false sebesar 85% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil tersebut antara strategi index card match dan true or false sama-sama efektif terhadap pembelajaran Tematik. Kata-kata kunci: hasil belajar, tematik, index card match, true or false.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ahmad Nafiul Ulum Nafi |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 04:30 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 04:30 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |