ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM ECOBRICK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MI NEGERI 2 JEPARA

Pratiwi, Amelia Diah (2025) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM ECOBRICK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MI NEGERI 2 JEPARA. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Amelia Diah. 2025. Analisis Pelaksanaan Program Ecobrick dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa MI Negeri 2 Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam. Pembimbing Sokhibun Ni`am, S.Pd.I, M.Pd. Pembentukan karakter merupakan fondasi utama dalam pendidikan, terutama di tengah berbagai tantangan sosial seperti rendahnya kepedulian terhadap lingkungan, perilaku konsumtif, dan minimnya rasa tanggung jawab generasi muda. Nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab penting ditanamkan sejak dini agar terbentuk kebiasaan positif yang berkelanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan nyata dan kontekstual. Di MI Negeri 2 Jepara, pembentukan karakter dapat dilakukan dengan program Ecobrick melalui pengelolaan sampah plastik secara kreatif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk program Ecobrick di MI Negeri 2 Jepara serta mengetahui impelementasi program Ecobrick dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada pemfokusan program Ecobrick dengan pemebentukan karakter tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan deskripsi data dan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, program Ecobrick di MI Negeri Jepara merupakan bagian dari upaya penanaman kesadaran lingkungan sekaligus membentuk karakter tanggung jawab siswa. Program ini diintegrasikan dalam kegiatan P5RA kelas V dengan pendekatan Project Based Learning melalui empat tahapan, yaitu pengenalan kontekstualisasi, aksi nyata dan refleksi. Perencanaanya bersifat informal namun terstruktur, pelaksanaanya dilakukan secara terjadwal dan mengikuti tahapan PJBL. Pelaksanaan program Ecobrick dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa dilakukan melalui enam pendekatan, yaitu dengan memberikan contoh, pengajaran langsung, kesempatan berlatih, umpan balik dan penguatan, penalaran moral, serta komunikasi yang peduli. Pendekatan-pendekatan tersebut diterapkan secara konsisten dalam aktivitas nyata, sehingga siswa tidak hanya memahami pentingnya pengelolaan sampah, tetapi juga mengalami langsung proses bertanggung jawab. Kata kunci: Ecobrick, Karakter Tanggung Jawab, PJBL.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Amelia Diah Pratiwi
Date Deposited: 04 Dec 2025 16:45
Last Modified: 04 Dec 2025 16:45
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item