Putri, Reska Mardiyana (2025) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPAS BERBASIS METODE STEM SISWA KELAS V MIS NU BANAT KUDUS DAN MIS QUDSIYYAH KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (671kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Putri, Reska Mardiyana, 2025. Studi Komparasi Hasil Belajar IPAS Berbasis Metode STEM Siswa Kelas V MIS NU Banat Kudus dan MIS Qudsiyyah Kudus Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Intan Aulia Rakhmawati, M.Pd. Kemajuan teknologi membawa dampak signifikan terhadap bidang pendidikan, sehingga menuntut adanya penyesuaian dengan dinamika perkembangan zaman. Hal itu bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran secara optimal. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengakomodasi perubahan tersebut adalah dengan meningkatkan variasi metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa kelas V antara MIS NU Banat Kudus dan MIS Qudsiyyah Kudus tahun ajaran 2024/2025. Populasi pada penelitian ini yaitu150 siswa kelas V MIS NU Banat Kudus tahun ajaran 2024/2025 dan 124 siswa kelas V MIS Qudsiyyah Kudus tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VA MIS NU Banat Kudus dan siswa kelas VA MIS Qudsiyyah Kudus tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes meliputi pre-tes dan post-tes. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai t_hitung =-1,718 sedangkan nilai t_tabel = 2,010. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t_hitung< t_(tabel )sehingga keputusan uji adalah H_0 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPAS berbasis metode STEM antara siswa kelas V MIS NU Banat Kudus dengan siswa kelas V MIS Qudsiyyah Kudus. Kata kunci: Komparasi, Pembelajaran IPAS, Metode STEM
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar L Education > L Education (General) Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Reska Mardiyana Putri |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 00:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 00:47 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1885 |
Available Versions of this Item
-
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPAS BERBASIS METODE STEM SISWA KELAS V MIS NU BANAT KUDUS DAN MIS QUDSIYYAH KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025. (deposited 04 Aug 2025 04:40)
- STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPAS BERBASIS METODE STEM SISWA KELAS V MIS NU BANAT KUDUS DAN MIS QUDSIYYAH KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025. (deposited 13 Aug 2025 00:47) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |