EFEKTIVITAS MODEL WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MANBAIL FUTUH

Purwasari, Fani Ulfi (2025) EFEKTIVITAS MODEL WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MANBAIL FUTUH. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Purwasari, Fani Ulfi. 2025. Efektivitas Model Word Square Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Manbail Futuh. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Intan Aulia Rakhmawati, M. Pd. Kemampuan membaca sangat dibutuhkan bagi siswa untuk memahami materi yang ada di buku maupun memahami materi yang diajarkan oleh guru. Namun, dalam kemampuan membaca siswa tidak ada dukungan baik dari orang tua maupun sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model word square dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Manbail Futuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan group pre-test post-test control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas III MI Manbail Futuh dengan sampel kelas III B sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 24 siswa. Data pada penelitian ini dihimpun dengan instrumen tes dan angket. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan independent dan uji efektivitasnya menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test dari kelas kontrol dan eksperimen, rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 32,400 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 79,520, sedangkan rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu 22,167 dan rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 88,750, bahwasanya terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model word square. Hasil dari uji hipotesis dalam penelitian ini yang menggunakan uji independent, bahwasanya nilai post-test dari kelas kontrol dan eksperimen dengan signifikansi 0,05 dan 4,03 dan 2,096. Adapun hasil uji efektivitas bahwasanya terdapat nilai rata-rata 43 dalam kategori tinggi dan indeks presentase yang tinggi yaitu 95,56%. Demikian dapat disimpulkan bahwa model word square efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Manbail Futuh. Kata Kunci: Model Word Square, Kemampuan Membaca, Mata Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Swasta
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Fani Ulfi Purwasari
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:21
Last Modified: 13 Aug 2025 00:52
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item