PENGARUH METODE GASING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MIN 1 REMBANG

Nisak, Yunia Shofiyatun (2025) PENGARUH METODE GASING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MIN 1 REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya peserta didik yang berpikir bahwa matematika adalah pelajaran yang sukar dan kurang diminati sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode GASING dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika di MIN 1 Rembang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MI Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2024/2025 terdiri dari 80 siswa. Sampel berjumlah 46 siswa yaitu kelas II A (kelas eksperimen) dan kelas II C (kelas kontrol) dengan masing-masing berjumlah 23 siswa. Teknik analisis menggunakan uji prasayarat dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan metode Bartlett, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ditemukan pengaruh metode GASING dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dari hasil uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% diketahui perolehan nilai thitung dan ttabel yaitu 0.033 < 2.015, mengartikan bahwa rumusan H0 diterima serta H1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh metode GASING dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika kelas II pada materi perkalian di MIN 1 Rembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yunia Shofiyatun Nisak
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:29
Last Modified: 23 Jul 2025 08:29
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item