HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 02 KALIPANG SARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ilmi, Khalim (2019) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 02 KALIPANG SARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Khalim, Ilmi. 2019. Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Kalipang Sarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kegiatan sehari-hari yang dialami siswa, baik ketika di sekolah maupun dengan keluarga dan masyarakat sekitar. Interkasi sosial merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, termasuk siswa ketika berada dilingkungan sekolah. Interaksi sosial teman sebaya akan terjadi ketika siswa saling melakukan kegiatan bersama, termasuk belajar, bermain dan kegiatan-kegiatan lainya. Interaksi sosial teman sebaya sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa, jika siswa bisa berinteraksi baik dengan teman-temannya maka siswa lebih bersemangat untuk belajar dan mendapatkan hasil belajar yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan interkasi sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SDN 2 Kalipang, Sarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling dengan sampel siswa kelas V SDN 2 Kalipang, Sarang. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket dan melihat hasil pada raport siswa. Metode analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS.15 dengan analisis parametris dan uji Shapiro Wilk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interkasi sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa memiliki hubungan dengan ditunjukkan pada hasil penelitian berupa (rxy) sebesar 0,462 dengan nilai p = 0,035 < 0,05. Kemudian untuk interkasi sosial teman sebaya terhadap hasil belajar belajar siswa dengan (rxy) sebesar 0,500 dengan nilai p = 0,021 < 0,05 yang menunjukkan adanya hubungan. Dengan demikian semakin baik interaksi antar teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar siswa dan itu akan berdampak pada hasil belajar siswa. Kata kunci: Interaksi sosial teman sebaya, Motivasi belajar, Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Multikultural
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ahmad Nafiul Ulum Nafi
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:53
Last Modified: 26 Jun 2025 08:53
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item