PENGARUH SISTEM PERTUKARAN TEMPAT DUDUK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN

Najah, Izza Nabidah Laili (2025) PENGARUH SISTEM PERTUKARAN TEMPAT DUDUK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIANA AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (450kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada pembelajaran IPAS di kelas IV di MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Rendahnya hasil belajar peserta didik bisa disebabkan dari beberapa faktor, salah satunya yaitu pengolahan manajemen kelas yang kurang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pertukaran tempat duduk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen dan model one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 73 peserta didik dari kelas IV dan pengambilan sampel dari kelas IV A yang berjumlah 39 peserta didik. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes yang sebelumnya sudah dilakukan uji coba yaitu dengan melihat uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda dari butir soal. Uji prasyarat pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan metode Lillifors menunjukkan data berdistribusi normal, uji homogenitas dengan metode Barlett menunjukkan data homogen, dan uji hipotesis dengan metode paired t -test dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pada uji hipotesis diperoleh t_hitung sebesar 9,37 dan t_(tabel ) sebesar 1,68. Berdasarkan keputusan t_hitung>t_(tabel ) maka H_0 ditolak dan H_(1 ) diterima maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh terhadap sistem pertukaran tempat duduk untuk meningkatkan hasil belajar pada kelas IV A pada pembelajaran IPAS di MI Riyadlotut Thalabah Sedan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Izza Nabidah Laili Najah
Date Deposited: 02 Dec 2025 16:02
Last Modified: 02 Dec 2025 16:02
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item