EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATERNAL REFLEKTIF DAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU KELAS 2 DI SLB NEGERI SEMARANG

salma, umniyyatus (2025) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATERNAL REFLEKTIF DAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU KELAS 2 DI SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Salma, Umniyyatus. 2025. Efektivitas Metode Pembelajaran Maternal Reflektif dan Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunarungu Kelas 2 di SLB Negeri Semarang. Skirpsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamalul Huda, M.Pd. Penelitian ini didasarkan pada temuan peneliti pada hasil pra observasi bahwa siswa tunarungu menghadapi berbagai kesulitan, seperti dalam penggunaan alat pemotong dan penempatan lambang atau simbol. Proses menggambar dan mewarnai juga menunjukkan bahwa siswa kurang fokus, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Pendidikan bagi anak tunarungu memiliki tantangan tersendiri yang memerlukan pendekatan yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektivitas metode pembelajaran maternal reflektif dan visual terhadap hasil belajar siswa tunarungu kelas 2 di SLB Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental Design dan The Static Group Comparison Design sebagai desain lanjutan dari pre-experimental design . Populasi penelitian terdiri dari siswa tunarungu kelas 2 di SLB Negeri Semarang, yang berjumlah 17 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 8 siswa pada kelas B-2.2, dan sebanyak 9 siswa pada kelas B-2.1 dengan teknik teknik Exhaustive Sampling sebagai teknik samplingnya. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik olah data penelitian ini menggunakan bantuan software SPPS versi 25 . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas masing-masing metode serta uji Mann-Whitney untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelompok yang menggunakan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kedua metode tidak menghasilkan N-gain score yang positif dan berada pada kategori tidak efektif, metode maternal reflektif menunjukkan potensi yang lebih baik dengan rata-rata N-gain score untuk kelas yang diajar menggunakan metode maternal reflektif adalah -65,63%, sedangkan untuk metode visual adalah -193,75%. Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Mean Rank mencapai 11,63 untuk kelas yang menggunakan metode maternal reflektif, sementara kelas yang menggunakan metode visual sebesar 6,67 dengan nilai signifikansi sebesar 0,037, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode maternal reflektif dan visual. Kesimpulan penelitian ini adalah efektifitas metode maternal reflektif (MMR) memberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa tunarungu daripada pembelajaran menggunakan metode visual dan terdapat perbedaan signifikan yaitu metode maternal reflektif lebih mendapatkan hasil belajar yang lebih optimal dari pada metode visual terhadap siswa tunarungu. Kata Kunci: Pendidikan, Tunarungu, Metode Pembelajaran, Maternal Reflektif, Media Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Filsafat
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: umniyyatus salma
Date Deposited: 09 Aug 2025 01:48
Last Modified: 09 Aug 2025 01:48
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item View Item