Biladina, Rofiqotus Zulfa (2025) PENGARUH PROGRAM TALAQQI AL-QUR`AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN SISWA DI SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan terkait kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, meskipun pengajaran Al-Qur`an telah diterapkan sekolah sejak dini di SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Permasalahan tersebut meliputi kurangnya kesiapan siswa, ketidaktelitian dalam pelafalan huruf, serta kesalahan dalam memperhatikan panjang dan pendek bacaan. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah mencetuskan program Talaqqi Al-Qur`an sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran Al-Qur`an. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran umum kemampuan membaca Al-Qur'an siswa serta menganalisis pengaruh program Talaqqi Al-Qur`an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas VI SD Islam Umar Harun. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif dan uji inferensial menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa gambaran kemampuan membaca Al-Qur'an siswa sebelum dan setelah mengikuti program Talaqqi Al-Qur`an dengan sampel 10 siswa. Rata-rata nilai dari pretest 58 menjadi 75. Nilai median dari 56 menjadi 79 serta nilai modus dari 56 menjadi 88. Nilai dari simpangan baku sebesar 11,850 menjadi 12,119. Nilai varians pretest adalah 11,850 dan varians posttest adalah 146, 88 dan rerata deviasi dari 9,2 menjadi 10,4. Rentang nilai posttest dari 36 menjadi 32. Hasil analisis inferensial dengan uji Paired Sample t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa sebelum dan setelah mengikuti program Talaqqi Al-Qur`an. Hasil dari t_(hitung )= 11,825, lebih besar dari t_tabel=2,262 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga t_(hitung )>t_tabel, H_0 ditolak dan H_1diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara program Talaqqi Al-Qur`an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas VI SD Islam Umar Harun Sarang Rembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Rofiqotus Zulfa Biladina |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:35 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |