ANALISIS METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN BTQ SISWA KELAS IV MI FUTUHIYYAH DORO PEKALONGAN

Maulana, Muhammad aufa (2024) ANALISIS METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN BTQ SISWA KELAS IV MI FUTUHIYYAH DORO PEKALONGAN. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maulana, M. Aufa. 2024. Analisis Metode Yanbu’a Pada Pembelajaran BTQ Kelas IV MI Futuhiyyah Doro Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Muhammad Jamil, Lc., M. Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an beserta faktor pendukung dan penghambatnya pada siswa kelas IV MI Futuhiyyah Doro Pekalongan. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, guru BTQ kelas IV, dan murid kelas IV. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Data analisis dengan cara mereduksi data, merangkum, memfokuskan pada hal-hal yang penting, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pembukaan yang diisi dengan salam, kemudian dilanjutkan dengan tawassul, lalu pembelajaran inti yang berisi penyampaian materi dan guru mencontohkan cara membaca yang benar pada siswa sambil menunggu mereka menulis. Setelah siswa selesai menulis, pembelajaran dilanjutkan dengan permainan tanya jawab yang dimodifikasi oleh guru dengan berbagai varian. sebagai penutup, guru megajak murid untuk membaca bersama materi yang telah di tulis dan dilanjut dengan salam sebagai penutup. Faktor pendukung dalam pembelajaran ini adalah penguasaan materi oleh guru BTQ dan anak yang terus ditekan untuk belajar membaca al-Qur’an. Faktor penghambat dalam pembelajaran adalah terbatasnya waktu pada jam pembelajaran BTQ. Kata Kunci: Metode Yanbu’a, pembelajaran baca tulis al-Qur’an, Kelas IV.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Muhammad aufa Maulana
Date Deposited: 02 Aug 2025 04:26
Last Modified: 02 Aug 2025 04:26
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item