ANALISIS KECUKUPAN MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI FATTAHUL HUDA PUNGPUNGAN KALITIDU BOJONEGORO

Hilya, Mas'udatul (2025) ANALISIS KECUKUPAN MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI FATTAHUL HUDA PUNGPUNGAN KALITIDU BOJONEGORO. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Hilya, Mas’udatul. 2024. Analisis Kecukupan Modul Ajar Matematika Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Fattahul Huda Pungpungan Kalitidu Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Intan Aulia Rakhmawati, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya pelatihan penyusunan modul ajar pada guru dan banyaknya siswa kelas IV yang masih kesulitan dalam memahami beberapa materi matematika. Penelitian ini berfokus pada penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Fattahul Huda Pungpungan, Kalitidu, Bojonegoro, dengan tujuan utama untuk menganalisis kecukupan modul ajar matematika yang digunakan pada mata pelajaran matematika kelas IV materi pecahan. metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data berdasarkan dari kepala sekolah dan guru matematika kelas IV, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar matematika kelas IV di MI Fattahul Huda telah memenuhi komponen kecukupan modul ajar berdasarkan Kurikulum Merdeka. Komponen utama kecukupan modul ajar yang tertulis dalam buku dengan judul “Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka” diantaranya yaitu informasi umum, kompetensi inti, dan lampiran. Modul ajar matematika kelas IV juga telah memenuhi komponen utama modul ajar berdasarkan Platform Merdeka Belajar, yaitu berisi tujuan pembelajaran yang tercantum dalam komponen inti modul ajar, langkah pembelajaran yang tercantum dalam komponen inti modul ajar, asesmen yang terdapat pada komponen inti modul ajar, serta informasi dan referensi belajar yang terdapat pada lampiran. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Matematika, Modul Ajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nurunnisai Fitriana
Date Deposited: 07 Jun 2025 07:52
Last Modified: 07 Jun 2025 07:52
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item