Daimul, Umam (2020) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT H.O.S COKROAMINOTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.PDF Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.PDF Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Umam, Daimul. 2020. Konsep Pendidikan Karakter Menurut H.O.S Cokroaminoto dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Di MI An Nashriyah Lasem. Sekripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I Pendidikan kratakter di era sekarang ini perlu adanya penguatan baru untuk menumbuhkan potensi siswa yang siap melawan globalisasi dan dampak-dampak dari ideologi yang menggeser dari ideologi pancasila. Selain itu penguatan pendidikan karakter yang kuat yang berlandaskan pancasila sebagai dasar negara sangat perlu diimplementasikan di pendidikan sedini mungkin, agar nantinya akan tumbuh anak-anak yang cerdas dan siap menghadapi perubahan dunia. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Pendidikan Karakter Menurut H.O.S Cokroaminoto dan juga Implikasinya Terhadap Perkembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Di MI An Nashriyah Lasem. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah An Nashriyah di Lasem Kabupaten Rembang. Sumber data adalah karya H.O.S Cokroaminoto yang berjudul Islam dan Sosialisme, buku Johan Rinahani, Rumah Guru Bangsa, media massa, Kepala Sekolah dan guru kelas Va di MI An Nashriyah Lasem. Teknik pengumpulan data dengan analisis data-data tentang H.O.S Cokroaminoto dan juga melalui wawancara mendalam, dokumentasi pendukung di MI An Nashriyah Lasem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perkembangan karakter siswa dalam pembelajaran kurikulum 2013 Di MI An Nashriyah Lasem selaras dengan Konsep Pendidikan Karakter Menurut H.O.S Cokroaminoto dalam tiga hal, yakni (1) Religius, semangat beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa (2) Cinta tanah air, tertanam sikap nasionalisme dan patriotisme (3) Disiplin, terbiasa berperilaku disiplin di setiap keadaan. Kata kunci: Pendidikan karakter, H.O.S Cokroaminoto, Pendidikan Karakter Siswa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | kosong Daimul Umam |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:39 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:39 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |