SHOLICHAH, AYU (2020) PENGARUH KEGIATAN LITERASI BERBASIS RISET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN TAHUN AJAR 2019/2020. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (513kB) |
Abstract
Sholichah, Ayu. 2020. Pengaruh Kegiatan Literasi Berbasis Riset Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Rembang Tahun Ajar 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Saiful Fatwa, M.Pd. Metode pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap jalannya pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode pembelajaran riset salah satu contoh metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk terus aktif. Kegiatan literasi yang berbasis riset bukan hanya guru yang aktif dalam pembelajaran, tetapi dalam kegiatan literasi anak lebih berperan aktif dalam penggalian informasi. Ini untuk menjelaskan bagaimana pengaruh kegiatan literasi sekolah yang berbasis riset terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Umar Harun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 16 responden. Teknik analisis data menggunakan uji mann withney. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kegiatan literasi berbasis riset terhadap minat dan hasil belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi tidak harus berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kegiatan Literasi bukan hanya pengetahuan dari membaca saja, tetapi literasi yang mencakup 4 ketrampilan yaitu dari ketrampilan mencari, mengolah, menghasilkan dan memanfaatkan. Kata kunci : Kegiatan Literasi Berbasis Riset, Minat belajar, dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nurunnisai Fitriana |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 04:24 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |