PENGARUH KEGIATAN LITERASI BERBASIS RISET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN TAHUN AJAR 2019/2020

SHOLICHAH, AYU (2020) PENGARUH KEGIATAN LITERASI BERBASIS RISET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN TAHUN AJAR 2019/2020. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (513kB)

Abstract

Sholichah, Ayu. 2020. Pengaruh Kegiatan Literasi Berbasis Riset Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Rembang Tahun Ajar 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Saiful Fatwa, M.Pd. Metode pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap jalannya pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode pembelajaran riset salah satu contoh metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk terus aktif. Kegiatan literasi yang berbasis riset bukan hanya guru yang aktif dalam pembelajaran, tetapi dalam kegiatan literasi anak lebih berperan aktif dalam penggalian informasi. Ini untuk menjelaskan bagaimana pengaruh kegiatan literasi sekolah yang berbasis riset terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Umar Harun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 16 responden. Teknik analisis data menggunakan uji mann withney. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kegiatan literasi berbasis riset terhadap minat dan hasil belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi tidak harus berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kegiatan Literasi bukan hanya pengetahuan dari membaca saja, tetapi literasi yang mencakup 4 ketrampilan yaitu dari ketrampilan mencari, mengolah, menghasilkan dan memanfaatkan. Kata kunci : Kegiatan Literasi Berbasis Riset, Minat belajar, dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nurunnisai Fitriana
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:24
Last Modified: 05 Jun 2025 04:24
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item