Rohmah, Nurul Hidayah (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB “ADABUL „ALIM WAL MUTA‟ALIM” DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI SALAFIYAH MARGOMULYO KEREK TUBAN TAHUN AJARAN 2019-2020. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR.
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL NURUL HIDAYAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab "Adabul „alim wal Muta'allim" dan Implikasinya dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban Tahun Ajaan 2019/2020”Rohmah. Nurul. Hidayah. 2020.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad jamil, Lc., M. Pd.I.Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan konsep pendidikan karakter yang ada dalam kitab "Adabul „alim wal Muta'allim" yang ingin penulis implikasikan dengan perbelajaran tematik siswa kelas V di MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab "Adabul „alim wal Muta'allim" dan implikasinya dalam pembelajaran tematik siswa kelas V di Madrasah IbtidaiyahSalafiyah Margomulyo Kerek Tuban tahun ajar 2019/2020.Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah, dan guru madrasah ibtidaiyah), dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi (gabungan). Data analisis dengan cara mereduksi data, merangkum, memfokuskan pada hal-hal yang penting, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam kitab adabul „alim wal Muta'allim memiliki implikasi atau keterkaitan yang erat dengan pembelajaran tematik siswa kelas V di MI Salafiyah yaitu dapat ditemukan sebuah fakta bahwa siswa di Madrasah Salafiyah yang lingkungan belajar dan sikap jujur serta religius dan sesuai dengan konsep pendidikan yang ada dalam kitab Adabul „alim wal Muta‟allim memiliki pembelajaran tematik siswa pada aspek sikap dan perilakunya yang semakin baik. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kitab Adabul „alim wall Muta'allim, Pembelajaran Tematik .
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan |
Depositing User: | Nurul Rohmah Rohmah |
Date Deposited: | 01 Jun 2025 04:18 |
Last Modified: | 01 Jun 2025 04:18 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |