Mariyana, Fila Nova (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS RISET TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SISWA KELAS 2 SD ISLAM UMAR HARUN. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR Sarang Rembang.
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mariyana Nova Fila, 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Riset Terhadap Aspek Perkembangan Siswa Kelas 2 SD Islam Umar Harun Tahun Ajaran 2018/2019. Sekripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Metode pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap jalannya pembelajaran. pembelajaran yang efektif dan efisian adalah pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif atau pembelajaran yang berpuat pada siswa. Metode pembelajaran riset salah satu contoh metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk terus aktif. Pembelajaran berbasis riset adalah petunjuk dari suatu sistem dimana menggunakan pembelajaran yang autentik, dengan penyelesaian masalah, pembelajaran bersama (kelompok), proses kegaiatan yang memerlukan pemikiran serta tindakan langsung, dan penemuan dari hasil rasa ingin tahu, yang berdasarkan filosofis kontruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran berbasis riset terhadap aspek perkembangan siswa kelas 2 SD Islam Umar Harun. Jenis penelitan ini adalah pendekatan mixed method dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek utamna dalam penelitian ini adalah kelas 2 SD Islam Umar Harun. Serta objeknya adalah pelaksaan penelitian metode pembelajaran berbasis riset terhadap aspek perkembangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara metode pembelajran berbasis riset terhadap aspek perkembangan siswa. Ini menunjuka bahwa diantara 4 aspek itu yang paling berpengaruh adalah aspek fisik motorik siswa. Kata kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Riset, Aspek Perkembangan Siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Depositing User: | Ahmat Jalaluddin Al Wajidi |
Date Deposited: | 31 May 2025 08:39 |
Last Modified: | 31 May 2025 08:39 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |