Della Puspita, Della (2025) KOMPETENSI GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 2 JEPARA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Puspita, Della. 2024. Kompetensi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati zaimah, M. Pd. I Kompetensi merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki guru, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Karena Kurikulum Merdeka lebih menuntut guru dengan pembelajaran fleksibel dengan kebutuhan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi serta wawancara. Subjek penelitian adalah guru kelas 4E dan objek penelitian adalah Kompetensi Guru pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Teknik Analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MIN 2 Jepara, khususnya di kelas 4E, sudah memiliki kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional dan guru berhasil memahami karakteristik siswa dan mengadaptasi metode yang sesuai, seperti pojok buku dan lagu. Guru juga mengimplementasikan teori belajar yang relevan, seperti student centered learning dan pendekatan konstruktivis. Dalam pengembangan kurikulum, guru kreatif mengubah materi agar lebih menarik dan mudah dipahami, misalnya dengan mengubah kalimat SPOK menjadi lagu. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, teknologi juga dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran. Kompetensi pedagogis dan profesional guru berpengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran dan pengembangan potensi siswa di MIN 2 Jepara Kata kunci: Kompetensi Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka v
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan L Education > L Education (General) Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Syarifah syarifah yanti |
Date Deposited: | 14 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 14 May 2025 01:56 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |