Umami, Rama Khoirul (2025) Relevansi Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab al-Tarbiyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah Karya Abdurrahman Afandi Ismail dengan Konsep Profil Pelajar Pancasila. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter tetap menjadi topik yang relevan dan penting untuk pembentukan individu seseorang di sepanjang zaman. Al-Tarbiyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah merupakan kitab akhlak yang ditulis oleh Abdurrahman Afandi Ismail untuk para pelajar di Mesir. Kitab ini penting dikaji karena memuat konsep pendidikan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab al-Tarbiyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah dan relevansi konsep pendidikan karakter dalam kitab tersebut dengan konsep profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab al-Tarbiyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah dan buku Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, artikel, jurnal dan karya ilmiah lain yang terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji confirmability dengan pakar. Adapun analisis data dengan: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab al-Tarbiyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah karya Abdurrahman Afandi Ismail terdapat delapan belas bab. Dari delapan belas bab tersebut, terdapat delapan belas konsep pendidikan karakter yang dapat dipetakan menjadi empat dimensi karakter, yaitu spiritual, personal, sosial dan nasionalisme. Spiritual memuat konsep pendidikan karakter mencintai dan mengagungkan Allah, mencintai Rasul Allah, dan bertakwa kepada Allah. Personal memuat konsep pendidikan karakter amanah, haya’, jujur dan etos kerja. Sosial memuat konsep pendidikan karakter taat dan hormat kepada pemimpin; berbakti, mencintai dan memuliakan orang tua; mencintai dan memuliakan guru; mencintai dan memuliakan saudara, kerabat, dan tetangga; mencintai dan memuliakan teman dan sahabat; menyayangi dan mengasihi hewan; bersosial baik dan dermawan dengan orang lain;. Nasionalisme memuat konsep pendidikan karakter cinta tanah air dan kepada penduduk setanah air, dan mencintai serta menghormati organisasi kemasyarakatan. Konsep pendidikan karakter dalam kitab al-Tarbiyyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah ini relevan dengan konsep profil pelajar Pancasila, yaitu dimensi beriman, bertakwa kepada Tuahan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; gotong royong; berkebhinekaan global; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Rama Khoirul Umami |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 04:37 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 04:37 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |