Khotimah, Ana (2025) PERSEPSI SPIRITUAL GURU PADA PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA, DAN BERAKHLAK MULIA DI SDN PANGGUNGROYOM 02 PATI. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembiasaan nilai-nilai keagamaan sejak dini. Melalui pendidikan yang terencana dan terstruktur, seseorang bisa mengembangkan potensi dirinya untuk dapat memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang dimilikinya. Salah satu upaya tersebut diterapkan di SDN Panggungroyom 02 pati melalui kegiatan pembiasaan membaca asmaul husna. Dalam konteks tersebut, peran guru menjadi sangat penting sebagai pelaku utama yang mendorong pembentukan karakter melalui pendekatan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi spiritual guru pada pembiasaan membaca asmaul husna dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembiasaan membaca asmaul husna di SDN Panggungroyom 02 Pati setiap pagi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran guru. kegiatan ini membantu guru menjadi lebih sabar, ikhlas, dan memaknai tugas mengajar sebagai bentuk ibadah. Selain itu, Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter peserta didik, khususnya dalam peningkatan kedisiplinan ibadah, sikap sopan santun, kejujuran, dan saling menghormati. Kegiatan ini tidak hanya menjadi rutinitas keagamaan, tetapi juga sebagai sarana internalisasi nilai-nilai spiritual dan moral. Aktivitas pada pembiasaan membaca asmaul husna menjadi pondasi dalam membentuk generasi berkarakter. Program budaya ini terbukti mendukung penguatan dimensi Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia dalam profil pelajar Pancasila.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ana Khotimah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:07 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:07 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |