STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA TUNANETRA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLBN REMBANG PADA MASA PANDEMI

Anwar, Yusuf Khoiril, Anwar (2021) STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA TUNANETRA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLBN REMBANG PADA MASA PANDEMI. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)

Abstract

Anwar, Yusuf Khoiril. 2021. Strategi Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLBN Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa pandemi dan penyebaran Covid-19 yang sangat pesat dan merata di seluruh Indonesia yang berdampak bagi semua bidang, terutama bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, model pendidikan di Indonesia menjadi berubah, dari yang semula pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Hal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan siswa, lebih-lebih siswa pada tingkat dasar dan siswa berkebutuhan khusus. Siswa berkebutahan khusus yang paling terdampak adalah penyandang tunanetra, dikarenakan dalam model pembelajaran online yang paling dibutuhkan adalah indera penglihatan, yang berguna untuk mengoperasikan alat pembelajaran dan melihat penjelasan guru dalam video pembelajaran. Hal ini menuntut siswa untuk bisa secara mandiri menyesuaikan dan mengikuti alur pembelajaran pada masa pandemi ini. Kemandirian siswa tidak serta muncul begitu saja dalam diri siswa, melainkan harus dibentuk dan ditanamkan menggunakan strategi yang tepat agar siswa mampu memahaminya dan mempunyai karakter mandiri dan bisa menyesuaikan diri dalam bidang apapun, lebih-lebih dalam bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 sekarang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dilaksanakan untuk membentuk karakter mandiri pada siswa berkebutuhan khusus tipe tunanetra kelas 5 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Luar Biasa Negeri Rembang tingkat Sekolah Dasar pada masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kualitatif dengan desain deskriptif. Wujud data penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran dalam membentuk karakter mandiri siswa tunanetra kelas 5 SLB Negeri Rembang. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5 SLB Negeri Rembang, siswa tunanetra kelas 5 SLB Negeri Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu pengelompokan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya strategi pembelajaran yang digunakan dalam membentuk karakter mandiri siswa tunanetra kelas 5 SLB Negeri Rembang pada masa pandemi melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah strategi pendekatan. Strategi pendekatan diaplikasikan sesuai dengan komponen strategi pembelajaran menurut Dick dan Carey. Indikator pembentukan karakter adalah orientasi mobilitas siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ahmad Nafiul Ulum Nafi
Date Deposited: 23 Aug 2025 03:34
Last Modified: 23 Aug 2025 03:34
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item