Pengaruh Metode Team Teaching Terhadap Konsentrasi Belaja Pada Pelaksanaan Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Hidayatun Najah Tuban

Witanto, Abdul Ghofur Witanto (2025) Pengaruh Metode Team Teaching Terhadap Konsentrasi Belaja Pada Pelaksanaan Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Hidayatun Najah Tuban. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Witanto, Abdul Ghofur. 2025. Pengaruh Metode Team Teaching dan Metode Tanya Jawab terhadap Konsentrasi Belajar pada Pelaksanaan Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Hidayatun Najah Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode team teaching dan metode tanya jawab terhadap konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam implementasi kurikulum merdeka di MI Hidayatun Najah Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen berjenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 167 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh sampel berupa kelas eksperimen yang terdiri dari 33 siswa, serta kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah kuesioner konsentrasi belajar yang diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik nonparametrik Wilcoxon dan Mann-Whitney untuk membandingkan nilai pretest dan posttest pada kedua kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh metode team teaching terhadap konsentrasi belajar siswa, terlihat dari nilai Asymp. Sig (2-tailed) uji Wilcoxon sebesar 0,070 yang lebih besar dari 0,05. Ditunjukkan juga bahwa tidak terdapat pengaruh metode tanya jawab terhadap konsentrasi belajar siswa terlihat dari nilai Asymp. Sig (2-tailed) Uji Wilcoxon sebesar 0,075 yang lebih besar dari 0,05. Hasil yang lainnya juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh metode team teaching dan metode tanya jawab terhadap konsentrasi belajar siswa terlihat dari nilai Asymp. Sig (2-tailed) Uji Mann-Whitney sebesar 0,842 yang lebih besar dari 0,05. Adapun perbedaan nilai rata-rata kedua metode tersebut sebesar 0,45 dan penggunaan metode team teaching hanya memiliki perbedaan konsentrasi belajar sebesar 1,19% daripada metode tanya jawab. Kata Kunci : Metode Team Theacing, Metode Tanya Jawab, Konsentrasi Belajar, Pembelajaran IPAS, Implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meneliti terkait pengaruh metode pembelajaran terhadap konsentrasi belajar peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Agho Abdul Ghofur Witanto Witanto
Date Deposited: 18 May 2025 03:13
Last Modified: 18 May 2025 03:13
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item