Sofa, Indy Nichlatus (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI SD NEGERI SLEROK 6 TEGAL). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.
![]() |
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi yang dilakukan secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi menimbulkan berbagai masalah pembelajaran yang dialami peserta didik, orang tua, maupun guru sendiri. Untuk itu perlunya strategi guru dalam mengatasi masalah pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi masalah pembelajaran daring di masa pandemi (Studi Kasus di SD Negeri Slerok 6 Tegal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja masalah pembelajaran daring yang dihadapi oleh guru, baik masalah yang terjadi pada peserta didik, orang tua, maupun pada guru sendiri serta strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah pembelajaran daring yang terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini terfokus pada lokasi penelitian yaitu SD Negeri Slerok 6 Tegal. Sampel yang diambil adalah kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi guru kelas IV SD Negeri Slerok 6 Tegal dalam pembelajaran daring di masa pandemi yaitu, (1) Masalah yang berkaitan dengan kompetensi guru; (2) Masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik; (3) Kurangnya kerjasama orang tua dengan peserta didik; (4) Masalah keterbatasan kuota dan jaringan. Adapun strategi yang dilakukan guru kelas IV SD Negeri Slerok 6 Tegal dalam mengatasi masalah pembelajaran daring antara lain, (1) Aktif melakukan komunikasi antar guru; (2) Menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik dan memberikan motivasi kepada peserta didik; (3) Menjalin komunikasi dan kerja sama dengan orang tua, memberikan pengertian tentang pentingnya kerjasama orang tua dalam mengawasi putra-putrinya saat pembelajaran daring; (4) Memberikan dana bantuan kuota yang diberikan oleh Kemendikbud dan sabar dalam menghadapi jaringan yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |