Rofi‟ah, Nur Lailatur (2022) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DAN MUTU MADRASAH DI MI NEGERI I BOJONEGORO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (595kB) |
Abstract
Kepala madrasah mempunyai peran dan tanggungjawab yang menuntutnya untuk selalu membawa perubahan ke arah yang lebih baik melalui manajemen yang berkualitas, karena melalui manajemen yang berkualitas akan berpengaruh pada peningkatan kualitas guru dan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru dan mutu madrasah di MI negeri I Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari kepala madrasah, guru kelas II dan Guru kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MI Negeri I Bojonegoro dengan lima manajemen, yaitu perencanaan melalui kegiatan review kurikulum dan penyusunan perangkat pembelajaran, pengorganisasian melalui sistem rekrutmen sesuai kualifikasi, pengarahan melalui bentuk keteladanan, pendisiplinan dan pemberian motivasi, pengoordinasian melalui koordinasi antar-guru dan orang tua, dan pengawasan melalui kegiatan supervisi. Adapun manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah dengan lima manajemen yaitu, perencanaan melalui penyesuaian program madrasah dengan delapan standar nasional, pengorganisasian melalui penempatan guru sesuai dengan kompetensi, pengarahan melalui kegiatan parenting untuk guru dan orang, pengoordinasian melalui kegiatan koordinasi guru sesuai rumpun yang telah dibagi, pengawasan melalui kegiatan supervisi, kegiatan pendampingan dan penguatan dalam rangka peningkatan mutu madrasah.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Madrasah, Profesionalitas Guru, Mutu Madrasah |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:47 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |