Hasanah, Uswatun (2025) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MURID KELAS V MI NU BANAT KUDUS. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (764kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (684kB) |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (628kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Hasanah, Uswatun. 2025. Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Murid Kelas V MI NU Banat Kudus. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Intan Aulia Rakhmawati M.Pd. Pembelajaran matematika ditingkat sekolah dasar memiliki peranan penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan kritis murid. Namun, dalam praktiknya masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah, sehingga kurang efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis murid. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, peneliti memilih untuk menerapkan metode problem solving dalam pembelajaran matematika. Metode problem solving adalah proses berpikir yang sistematis dan logis untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis murid kelas V MI NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VC sebagai kelas eksperimen. Adapun kelas VB menggunakan metode konvensional sedangkan kelas VC menggunakan metode problem solving. Data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test), kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil t_{hitung} = 7,102 > t_{tabel} = 1,999 dengan \alpha = 5% maka H_0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode problem solving berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis murid dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Metode problem solving, Kemampuan Berpikir Kritis.
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
| Depositing User: | Uswatun Hasanah |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 03:19 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 03:19 |
| URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
