Lestari, Dian (2025) ANALISIS KECUKUPAN MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS IV BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR Sarang Rembang.
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
|
Text
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Lestari, Dian, 2025. Analisis Modul Ajar Matematika Kelas IV Berbasis Kurikulum Merdeka di MI An-Nashriyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Intan Aulia Rakhmawati, M.Pd. Salah satu tantangan utama dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di jenjang sekolah dasar adalah penyusunan modul ajar yang belum sepenuhnya mengacu pada pedoman Kemendikbudristek. MI An-Nashriyah menerapkan modul ajar matematika kelas IV sejak tahun 2022/2023, namun proses penyusunan masih terbatas pada perubahan sedrehana setiap tahun tanpa evaluasi mendalam terhadap kelengkapan komponennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modul ajar matematika kelas IV berbasis Kurikulum Merdeka di MI An-Nashriyah. Analisis kecukupn modul ajar dilakukan dengan mengacu pada pedoman Kemendikbudristek yang meliputi tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, asesmen, kelengkapan perangkat, serta kesesuai dengan capaian pembelajaran. Batasan dalam penelitian ini adalah memfokuskan pada analisis kecukupan modul ajar lengkap menurut Kemendikbudristek materi luas persegi panjang dan persegi di MI An-Nashriyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis desain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IVA dan IVB. Objek dalam penelitian ini adalah modul ajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar telah disusun sesuai dengan struktur dasar Kurikulum Merdeka, mencakup komponen esensial seperti tujuan, kegiatan pembelajaran, asesmen, dan lampiran. Namun demikian, masih terdapat kelemahan di salah satu modul kelas IV diantaranya belum mencantumkan daftar pustaka sebagai rujukan, kurang optimalnya kelengkapan bahan bacaan untuk guru maupun siswa, serta perlunya pengembangan lebih lanjut pada aspek asesmen diagnostik. Secara keseluruhan, modul ajar ini sudah dapat digunakan sebgai perangkat pembelajaran, tetapi masih membutuhkan penyempurnaan agar sesuai dengan Kemendikbudristek. Kata Kunci: Modul Ajar, Matematika, Kurikulum Merdeka
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar |
| Depositing User: | Unnamed user with email dianlestari0099@gmail.com |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 08:15 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 08:15 |
| URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
