IMPLEMENTASI METODE HAFALAN NAZAM RI‘ĀYAT AL-HIMMAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI FIKIH PADA SISWA MI MIFTAHUL MUHTADIN KAYEN PATI

Milatina Aqilah, Nadia (2025) IMPLEMENTASI METODE HAFALAN NAZAM RI‘ĀYAT AL-HIMMAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI FIKIH PADA SISWA MI MIFTAHUL MUHTADIN KAYEN PATI. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hafalan nazam Ri‘āyat al-Himmah merupakan salah satu metode tradisional yang diterapkan di MI Miftahul Muhtadin untuk menanamkan pemahaman fikih melalui bait-bait nazam yang berisi penjelasan hukum fikih. Pelaksanaan hafalan nazam Ri‘āyat al-Himmah dijadikan sebagai sarana internalisasi nilai-nilai fikih agar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode hafalan nazam Ri‘āyat al-Himmah dalam meningkatkan pemahaman materi fikih pada siswa MI Miftahul Muhtadin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hafalan nazam Ri‘āyat al-Himmah dilaksanakan melalui perencanaan dan pelaksanaan yang terstruktur. Guru berperan penting dalam memberikan bimbingan, motivasi, serta strategi pembelajaran. Faktor yang memengaruhi keberhasilan hafalan meliputi peran guru, kesiapan dan motivasi siswa, lingkungan belajar yang kondusif dan strategi pembelajaran. Namun terdapat hambatan dalam pelaksanaan hafalan, seperti kurangnya minat siswa pada pelajaran hafalan dan ketidaksamaan kemampuan hafalan siswa. Solusi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan perhatian yang lebih dan bimbingan khusus kepada siswa yang masih mengalami kesulitan menghafal.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nadia Milatina Aqilah
Date Deposited: 01 Dec 2025 01:21
Last Modified: 01 Dec 2025 01:21
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item