RESPON MANAJERIAL LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP PERUBAHAN KEBIJAKAN MENDIKDASMEN DALAM KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS DI MI AL MANAR MENORO SEDAN

Fitriyah, Muhimmatul (2025) RESPON MANAJERIAL LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP PERUBAHAN KEBIJAKAN MENDIKDASMEN DALAM KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS DI MI AL MANAR MENORO SEDAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriyah, Muhimmatul 2025. “Respon Manajerial Lembaga Pendidikan Terhadap Perubahan Kebijakan Mendikdasmen dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di MI Al-Manar Menoro Sedan” Pembimbing: Syamsul Hadi, M. Pd. Perubahan kebijakan Mendikdasmen melalui Kurikulum Merdeka dengan pendekatan deep learning menuntut kesiapan lembaga pendidikan dasar dalam aspek manajerial maupun pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon manajerial MI Al-Manar Menoro Sedan terhadap kebijakan tersebut serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi perencanaan, sekolah telah mengetahui kebijakan baru namun belum memiliki perencanaan yang matang karena keterbatasan sarana prasarana dan kesiapan manajemen. Pada pengorganisasian, kepala sekolah mendorong guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar serta menyiapkan sarana pembelajaran, meskipun fasilitas masih terbatas. Dari segi pelaksanaan, pendekatan deep learning belum terealisasi karena minimnya pemahaman guru dan ketersediaan teknologi, meski respon positif telah ditunjukkan. Pada aspek evaluasi, sekolah masih dalam tahap koordinasi awal dan belum memiliki sistem kontrol yang berjalan. Faktor pendukung dalam implementasi adalah loyalitas dan dedikasi guru, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana prasarana serta kompetensi guru dalam penerapan deep learning. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan deep learning di MI Al-Manar masih memerlukan persiapan menyeluruh, baik dalam manajemen, ketersediaan fasilitas, maupun peningkatan profesionalitas guru agar implementasi dapat berjalan efektif dan komprehensif. Kata Kunci : Respon Manajerial Lembaga Pendidikan, Perubahan Kebijakan Mendikdasme, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: fitriyah muhimmatul muhimmatul
Date Deposited: 24 Nov 2025 06:28
Last Modified: 24 Nov 2025 06:28
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item