Fauziyah,, Fatma and Niam,, Shokhibun (2025) ANALISIS INTERAKSI GURU GENERASI BABY BUST DAN GURU GENERASI MILENIAL TERHADAP SISWA GENERASI ALPHA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI NEGERI 2 JEPARA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan karakter dan gaya interaksi guru generasi baby bust dan guru generasi milenial dengan siswa generasi alpha dalam proses pembelajaran. Guru generasi baby bust cenderung mempertahankan gaya mengajar konvesional yang berpusat pada guru serta menekankan kedisiplinan, sementara guru generasi milenial lebih terbuka ketika proses pembelajaran dan membangun interaksi secara interaktif. Perbedaan tersebut sering menyebabkan ketidaksesuaian antara gaya mengajar guru dan karakter belajar siswa generasi alpha yang mengakibatkan efektivitas pembelajaran berlangsung. Bertujuan untuk mengetahui komparasi interaksi guru generasi baby bust dan guru generasi milenial terhadap siswa generasi alpha dalam proses pembelajaran serta mengetahui dampak dari interaksi generasi guru terhadap siswa generasi alpha dalam proses pembelajaran di MI Negeri 2 Jepara. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif dengan subjek guru generasi baby bust dan guru milenial serta siswa di kelas V dan objeknya interaksi guru generasi baby bust dan guru generasi milenial terhadap siswa generasi alpha dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi berupa dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kedua generasi guru memiliki persamaan tujuan pembelajaran dan bahan pembelajaran. Menggunakan sumber belajar berupa materi di internet serta buku pelajaran. Adapun perbedaannya pada pendekatan dan gaya mengajar, guru generasi baby bust menggunakan interaksi dua arah. Sementara guru generasi milenial menggunakan interaksi multi arah. Guru generasi baby bust memberi evaluasi setelah selesai satu pertemuan pembelajaran berupa evaluasi tertulis dan evaluasi lisan. Guru generasi milenial, melaksanakan evaluasi pembelajaran secara lisan ketika pembelajaran berlangsung dan secara tertulis setiap selesai pembelajaran. Adapun dampaknya, interaksi yang dibangun guru generasi baby bust kurang mendorong partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa serta suasana kelas yang tertib dan teratur. Namun, interaksi yang dilakukan guru generasi milenial memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Siswa lebih antusias, aktif, dan suasana kelas yang santai, dinamis, serta terbuka. Kata Kunci: Interaksi Pembelajaran, Guru Generasi Baby Bust, Guru Generasi Milenial, Siswa Generasi Alpha.
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
| Depositing User: | Aulia Naqibah |
| Date Deposited: | 08 Nov 2025 05:03 |
| Last Modified: | 08 Nov 2025 05:03 |
| URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
