Abdulah, Hanip (2025) ANALISIS ASESMEN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN RISET SISWA KELAS V DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SD ISLAM UMAR HARUN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran riset di SD Islam Umar Harun yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dalam praktiknya, asesmen formatif yang seharusnya menjadi bagian penting dari proses pembelajaran masih kurang maksimal, karena umpan balik yang diberikan guru cenderung bersifat umum dan belum sepenuhnya menyesuaikan kemampuan setiap siswa. Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asesmen formatif dan bentuk asesmen formatif pada pembelajaran riset siswa kelas V dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Islam Umar Harun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, dan siswa kelas V SD Islam Umar Harun, sedangkan objek penelitian adalah asesmen formatif dalam pembelajaran riset. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen formatif pada pembelajaran riset siswa kelas V di SD Islam Umar Harun dilaksanakan secara menyeluruh dan berkelanjutan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga tindak lanjut. Bentuk asesmen yang digunakan meliputi tes tertulis, tes lisan, observasi, rubrik penilaian, wawancara, dan refleksi. Asesmen ini mendukung ketercapaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap ilmiah siswa, meskipun pemberian umpan balik masih cenderung umum dan belum sepenuhnya terpersonalisasi sesuai prinsip Ladder of Feedback dalam Kurikulum Merdeka. Saran dari penelitian ini adalah agar guru lebih memperkuat pelaksanaan asesmen formatif dengan memberikan umpan balik yang lebih spesifik dan terarah sesuai kebutuhan individu siswa, sehingga tujuan pembelajaran riset dalam Kurikulum Merdeka dapat tercapai secara optimal. Kata kunci: Asesmen Formatif, Pembelajaran Riset, Kurikulum Merdeka.
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
| Depositing User: | abdullah pagun |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 10:25 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 10:25 |
| URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
