Fuadiyah, Shobihah (2025) PENGARUH HIDDEN CURRICULUM (KURIKULUM TERSEMBUNYI) TERHADAP PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA MI HIDAYATUL MUBTADIIN LODAN WETAN SARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) adalah sebuah kurikulum yang tidak tertulis dan tidak bisa dilihat dalam sistem pendidikan tetapi dapat memengaruhi sikap, perilaku, dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif kausalitas. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV-VI MI Hidayatul Mubtadiin yang berjumlah 129 siswa dengan sampel berjumlah 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji yang dilakukan untuk pengujian data adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinear, dan uji autokorelasi. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana, uji T, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan nilai signifikan hidden curriculum <0,001 lebih kecil dari 0,05 serta nilai t_hitung10,021 lebih besar dari t_tabel1,660 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) berpengaruh positif terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila di MI Hidayatul Mubtadiin dengan nilai R_squaresebesar 0,514. Hal ini bermakna bahwasannya pengaruh variabel hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila sebesar 51,4% dan variabel lain diluar penelitian berpengaruh sebesar 48,6%. Kata Kunci: Hidden Curriculum, Profil Pelajar Pancasila
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
| Depositing User: | Shobihah Fuadiyah |
| Date Deposited: | 01 Nov 2025 06:26 |
| Last Modified: | 01 Nov 2025 06:26 |
| URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
