KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PESISIR DALAM PERSPEKTIF DANIEL GOLEMAN Studi Kasus Siswa SD Negeri Sarangmeduro Sarang

Nisa, Sabrina Nurun (2025) KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PESISIR DALAM PERSPEKTIF DANIEL GOLEMAN Studi Kasus Siswa SD Negeri Sarangmeduro Sarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurunisa, Sabrina. 2025. Kecerdasan Emosional Siswa Pesisir dalam Perspektif Daniel Goleman: Studi Kasus Siswa SD Negeri Sarangmeduro Sarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, S.S, M. Pd. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh anak sejak dini dalam mengenali emosi dirinya dan orang lain. Dengan kecerdasan emosional yang baik, anak akan mudah beradaptasi dengan teman sebayanya maupun dengan lingkungan sekitarnya. Namun, dewasa ini banyak orang tua yang kurang memperhatikan kecerdasan emosional anak. Lingkungan juga berpengaruh terhadap proses perkembangan kecerdasan emosional anak. Peneliti menemukan perilaku siswa di daerah pesisir Sarang yang kesulitan dalam mengelola kecerdasan emosionalnya, mereka kesulitan mengontrol emosinya, malas untuk belajar, susah untuk diatur, tidak mendengarkan guru ketika pembelajaran dan emosi siswa yang meledak ledak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa SD Negeri Sarangmeduro dalam perspektif Daniel Goleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai kecerdasan emosional siswa pesisir Sarang menurut Daniel Goleman menunjukkan bahwa kemampuan mengelola emosi sangat penting. Lingkungan pesisir yang ekonominya tidak stabil menyebabkan siswa kesulitan belajar, kurang semangat, dan tidak memiliki tujuan. Goleman menjelaskan bahwa pengaturan diri merupakan hal yang penting dalam mengelola emosi, lingkungan pesisir yang memiliki sifat keras dan temperamen menyebabkan siswa berbicara menggunakan nada tinggi dan memiliki emosi yang meledak ledak. Penduduk yang bekerja sebagai nelayan menyebabkan kurangnya dukungan emosional bagi anak-anak. Siswa dengan motivasi tinggi cenderung lebih bersemangat dan fokus saat belajar, sementara yang kurang termotivasi menjadi malas. Goleman juga menyebutkan bahwa empati adalah kemampuan merasakan perasaan orang lain. Lingkungan pesisir yang memiliki solidaritas tinggi memengaruhi sikap sosial siswa. Siswa dengan empati baik menunjukkan kepedulian, sedangkan yang kurang empati cenderung acuh. Keterampilan mengelola emosi juga berperan dalam membina hubungan antarsiswa. Lingkungan yang mendukung interaksi sosial mempermudah siswa untuk berkomunikasi dan bekerja sama, sementara mereka yang kesulitan dalam hubungan sosial sering kali memilih teman dan enggan berkolaborasi. Kata kunci : Kecerdasan Emosional Siswa, Pesisir, Daniel Goleman

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Sabrina Nurunnisa
Date Deposited: 09 Aug 2025 01:45
Last Modified: 13 Aug 2025 00:44
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item