Analisis Konsep Guru Merdeka Belajar Dan Implementasinya Pada Masa Pandemi Sekolah Dasar Islam Umar Harun

Muflichah, Khoirul (2021) Analisis Konsep Guru Merdeka Belajar Dan Implementasinya Pada Masa Pandemi Sekolah Dasar Islam Umar Harun. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khoirul Muflichah, 2021. Analisis Konsep Guru Merdeka Belajar Dan Implementasinya Pada Masa Pandemi Sekolah Dasar Islam Umar Harun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I. Guru merupakan panutan bagi peserta didiknya. Guru tidak hanya sekedar mengajar dan memberikan tugas kepada peserta didiknya, namun lebih dari itu. Guru merdeka belajar dibutuhkan saat ini. Karena guru yang merdeka yaitu guru yang dapat memfasilitasi dan mendampingi belajar peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Sebelum melakukan pembelajaran bersama peserta didik, guru yang merdeka mencari profil anak dan orang tua terlebih dahulu. Dari profil tersebutlah, guru dapat mendampingi anak sesuai dengan latar belakangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Guru Merdeka Belajar dan implementasinya pada masa pandemi SDI Umar Harun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah semua guru SDI Umar Harun. Serta objeknya adalah sepanjang proses mendampingi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep dan implementasi guru merdeka belajar sangat berpengaruh terhadap kebutuhan belajar peserta didik. Dalam proses belajar, guru benar-benar mendampingi anak sesuai dengan latar belakang, minat, dan kebutuhannya. Kata kunci: Konsep Guru Merdeka Belajar, Implementasi Guru Merdeka Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Swasta
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ahmat Jalaluddin Al Wajidi
Date Deposited: 23 Aug 2025 03:34
Last Modified: 23 Aug 2025 03:34
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item