ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 SALE REMBANG

Bayu, Nawawi (2020) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 SALE REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nawawi, Bayu. 2020. Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 2 Sale Rembang. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, M.Pd.I Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan karakter siswa yang mulai menurun. Pola pelaksanaan pembangunan nasional terlalu berorientasi pada tujuan yang lebih bersifat pragmatis, yaitu memuaskan kebutuhan material. Kebanyakan siswa cenderung kurang baik dalam berperilaku. Berdasarkan pandangan di atas, pada akhirnya pemerintah sebagai pemangku kebijakan merancang sebuah kurikulum untuk membentuk siswa melakukan pengamatan atau observasi, bertanya, dan menalar terhadap ilmu yang diajarkan. Siswa diberi mata pelajaran berdasarkan tema yang terintegrasi agar memiliki pengetahuan tentang lingkungan, kehidupan, dan menjadi pribadi tangguh dalam kehidupan sosial serta kreativitas yang lebih baik. Usaha untuk mengintegrasikan mata pelajaran menjadi satu bentuk pembelajaran yang kemudian disebut dengan istilah pembelajaran tematik. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter ditanamkan melalui pelaksanaan pembelajaran tematik, peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Sumber data adalah siswa kelas 5A dan 5B yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa rubrik, lembar wawancara, dan dokumen berupa RPP, visi & misi, tata tertib, dll. Teknik analisis menggunakan model Miles and Hubberman. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan rujukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terlihat 18 nilai karakter siswa pada pelaksanaan pembelajaran tematik siswa. Karakter ini muncul karena metode guru yang sesuai dengan jenis materi. Guru berperan sebagai pembelajar, fasilitator, pembimbing dan teladan bagi siswa Penanaman karakter ini juga didukung dengan program sekolah yang menunjukkan nilai spiritual dan peduli. Saran yang dapat diberikan hendaknya para orang tua siswa untuk dapat memperhatikan karakter siswa, serta turut membantu peran guru. Waktu siswa lebih banyak ketika berada di rumah dari pada di sekolah Kata-kata kunci: nilai karakter, pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Depositing User: Bayu Nawawi
Date Deposited: 28 Jun 2025 04:15
Last Modified: 28 Jun 2025 04:15
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item