Nisa, Zahrotun (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI PADA PRAKTIK UBUDIAH UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK DI KELAS IV SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Nisa, Zahrotun. 2025. Strategi Pembelajaran Guru PAI Pada Praktik Ubudiah Untuk Anak Tunagrahita Dalam Mengembangkan Kemampuan Gerak Motorik Siswa Kelas IV Di SLB Negeri Semarang. Pembimbing : Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I Pembelajaran praktik ibadah salat yang diajarkan kepada siswa khususnya siswa dengan gangguan mental intelektual atau tunagrahita merupakan suatu bentuk ikhtiar dari manusia dalam membimbing mereka kedalam fitrah agama mereka. Namun dengan keterbatasan yang dimiliki oleh anak tunagrahita menjadikan guru harus memilih strategi yang tepat yang tidak hanya terfokus kedalam pembelajaran spiritual saja tetapi juga sarana dalam mengembangkan kemampuan motorik mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru PAI serta guru kelas dan siswa tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Semarang. Objek pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI pada praktik ubudiah untuk anak tunagrahita dalam mengembangkan kemampuan gerak motorik siswa di kelas IV SLB Negeri Semarang. Triangulasi teknik dan sumber merupakan metode pengujian keabsahan data yang dilakukan di dalam penelitian ini. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan berupa strategi pembelajaran langsung, individu dan strategi pembelajaran khusus berupa pembiasaan praktik ibadah salat. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran meliputi hambatan alami yang dimiliki anak tunagrahita serta kondisi kelas pararel. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Praktik Ibadah, Tunagrahita, Gerak Motorik
Actions (login required)
![]() |
View Item |