KONSEP MERDEKA BELAJAR, PERAN KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN SARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Mufa'ida, Hidayatul (2020) KONSEP MERDEKA BELAJAR, PERAN KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN SARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)

Abstract

ABSTRAK Mufa’ida, Hidayatul. 2020. “Konsep Merdeka Belajar, Peran Keluarga Dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena baru-baru ini dunia pendidikan di Indonesia ramai membicarakan tentang konsep merdeka belajar yang ditawarkan oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim selaku menteri baru dalam bidang kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, lebih dari itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran serta orang tua dalam perkembangan belajar anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep merdeka belajar, peran keluarga dan implikasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Metode penelitian skripsi ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep merdeka belajar dan peran keluarga memiliki implikasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Islam Umar Harun Sarang. Melalui tiga poin penting yang diajarkan dalam konsep tersebut yakni kemampuan menetapkan tujuan, mandiri menentukan cara, dan juga mampu berefleksi dibuktikan dapat menanamkan serta melatih siswa agar terbiasa untuk berpikir kritis, serta peran keluarga saat menemani siswa belajar di rumah juga memberikan implikasi karena pembelajaran di rumah adalah penguatan pembelajaran yang telah dibangun saat di sekolah. Kata Kunci : Konsep Merdeka Belajar, Peran Keluarga, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Hilyatul Millah Millah
Date Deposited: 31 May 2025 03:18
Last Modified: 31 May 2025 03:18
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item