Mufa'ida, Hidayatul (2020) KONSEP MERDEKA BELAJAR, PERAN KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN SARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (830kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (763kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
Abstract
ABSTRAK Mufa’ida, Hidayatul. 2020. “Konsep Merdeka Belajar, Peran Keluarga Dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena baru-baru ini dunia pendidikan di Indonesia ramai membicarakan tentang konsep merdeka belajar yang ditawarkan oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim selaku menteri baru dalam bidang kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, lebih dari itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran serta orang tua dalam perkembangan belajar anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep merdeka belajar, peran keluarga dan implikasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Metode penelitian skripsi ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep merdeka belajar dan peran keluarga memiliki implikasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Islam Umar Harun Sarang. Melalui tiga poin penting yang diajarkan dalam konsep tersebut yakni kemampuan menetapkan tujuan, mandiri menentukan cara, dan juga mampu berefleksi dibuktikan dapat menanamkan serta melatih siswa agar terbiasa untuk berpikir kritis, serta peran keluarga saat menemani siswa belajar di rumah juga memberikan implikasi karena pembelajaran di rumah adalah penguatan pembelajaran yang telah dibangun saat di sekolah. Kata Kunci : Konsep Merdeka Belajar, Peran Keluarga, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Hilyatul Millah Millah |
Date Deposited: | 31 May 2025 03:18 |
Last Modified: | 31 May 2025 03:18 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |