POLA ASUH GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEWUJUDKAN P3 PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MI NEGERI 1 BOJONEGORO

Najib, Abdul (2025) POLA ASUH GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEWUJUDKAN P3 PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MI NEGERI 1 BOJONEGORO. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (673kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami transformasi dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk menciptakan pelajar yang berkarakter Pancasila. Salah satu kunci dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah pola asuh guru, terutama dalam pelaksanaan pembelajaran fikih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pola asuh guru dalam pembelajaran fikih dan dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di MIN 1 Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh guru yang demokratis berkontribusi signifikan dalam membentuk nilai-nilai Pancasila, seperti keadilan, toleransi, dan gotong royong. Pembelajaran fikih yang dikemas dalam konteks kehidupan sehari-hari mendorong siswa untuk menerapkan ajaran agama dalam interaksi sosial mereka. Dengan demikian, pola asuh yang tepat dari guru tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap fikih, tetapi juga membentuk karakter yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru dalam pola asuh yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka agar mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Okki Reza Zakaria
Date Deposited: 29 Apr 2025 17:38
Last Modified: 29 Apr 2025 17:38
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item