PERSEPSI GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI KESIAPAN GURU DI MIN REMBANG

Hilmi, Najmul (2025) PERSEPSI GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI KESIAPAN GURU DI MIN REMBANG. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.pdf

Download (751kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6.pdf

Download (532kB)
[img] Text
7.pdf

Download (844kB)
[img] Text
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui persepsi guru kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari kesiapan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan V di MIN Rembang. Objeknya adalah persepsi guru kelas dalam kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi guru sudah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dengan guru di MIN Rembang yang sudah mempersiapkan kesiapan kognitif, kesiapan fisik, kesiapan psikologi, kesiapan finansial dengan baik. Dibuktikan Guru telah memahami konsep dasar Kurikulum Merdeka, meskipun pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi masih menjadi tantangan di kelas V karena kebutuhan siswa yang beragam. Kesiapan fisik dan psikologi guru juga dinilai baik, ditunjukkan dengan motivasi tinggi dan kemampuan mendampingi siswa. Namun, terdapat kendala dalam kesiapan sarana, khususnya kekurangan fasilitas LCD di MIN 1 Rembang. Adapun penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berguna bagi masyarakat luas tentunya bagi pihak pendidikan seperti kepala sekolah dan guru terkait program P5 dan peran guru dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Depositing User: Najmul hilmi
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:58
Last Modified: 26 Feb 2025 07:58
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item