Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III MI An-Nashriyah Lasem Rembang Tahun Ajaran 2018/2019 M.

Mirza, Fahmi (2019) Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III MI An-Nashriyah Lasem Rembang Tahun Ajaran 2018/2019 M. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Fahmi, Mirza. 2019. Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III MI An-Nashriyah Lasem Rembang Tahun Ajaran 2018/2019 M. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas PGMI, STAI Al Anwar Rembang. Pembimbing: Moh.Saiful Fatwa, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada peningkatan dalam penggunaan media flash card dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 3 siswa-siswi MI An-Nashriyah Lasem Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini ada 60 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas experiment dan kelas kontrol. Dalam pengambilan datanya menggunakan data wawancara, angket, tes, dokumentasi dan observasi. wawancara dilakukan untuk mengetahui sejarah dan karakteristik sekolah MI An-Nashriyah dan tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana prestasi belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa, dan angket dilakukan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa flash card. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan motivasi belajar siswa kelas 3 MI An-Nashriyah terdapat peningkatan pada prestasi belajar dan motivasi belajarnya, dari yang sebelumnya tidak menggunakan media pembelajaran pada saat penyampaian materi dan setelah menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materinya. Saran yang dapat diberikan ialah hendaknya guru kelas menggunakan media pembelajaran yang menarik dan berinovasi agar anak merasa senang dan antusias dalam belajar pada mata pelajaran IPA, dan guru mampu mengembangkan kekreatifitasannya dalam membuat media pembelajaran. Kata Kunci: Media, Flash Card, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ahmad Nafiul Ulum Nafi
Date Deposited: 31 May 2025 09:14
Last Modified: 31 May 2025 09:14
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item