STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PROBLEM BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH PADA KELAS V DI SD ISLAM FAAZ TUBAN

Nurdin, Irpan (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PROBLEM BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH PADA KELAS V DI SD ISLAM FAAZ TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kejadian pada siswa kelas V di SD Islam Faaz Tuban, sebagian kecil siswa mengalami masalah belajar yaitu kesulitan dalam belajar. Siswa mengalami masalah belajar pada kognitifnya sehingga siswa belum bisa merespon pemahaman dengan cepat dan tanggap pada saat memahami pelajaran yang dijelaskan oleh guru. Di antara yang menjadi faktor dalam masalah belajar siswa adalah tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran, mengobrol dan bermain dengan barang di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi problem belajar siswa berprestasi rendah pada kelas V di SD Islam Faaz Tuban. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru wali kelas V dan siswa kelas V. Objek data dalam penelitian ini adalah penerapan strategi guru yang digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas V di SD Islam Faaz Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi masalah belajar siswa, yaitu strategi ekspositori, inkuiri, CTL, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Problem Belajar Siswa, Prestasi Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:47
Last Modified: 20 Sep 2023 00:47
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item