Afifah, Aimmatul (2022) ANALISIS KOMPARATIF PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DI MASA NORMAL DAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MI SHOLBIYAH SIMOREJO KANOR BOJONEGORO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
![]() |
Text
Abstrak SKRIPSI AIMMATUL AFIFAH.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (884kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Afifah, Aimmatul, 2023 Analisis Komparatif Perangkat Pembelajaran Guru Bahasa Arab di Masa Normal dan di Masa Pandemi Covid-19 Di MI Sholbiyah Simorejo Kanor Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam AlAnwar Sarang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai hal termasuk pembelajaran yang menuntut guru untuk melakukan penyesuaian pembelajaran dan perangkat pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Adapun perangkat pembelajaran yang menjadi fokus penelitian ini adalah pada Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru Bahasa Arab pada pembelajaran Bahasa Arab di kelas 1 semester genap di MI Solbiyah Simorejo Kanor Bojonegoro tahun ajaran 2020/2021. Alasan peneliti hanya meneliti Silabus dan RPP karena keduanya merupakan garis-garis besar haluan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan perangkat pembelajaran Bahasa Arab di kelas 1 MI Sholbiyah Simorejo di masa normal dan di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain deskriptif komparatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan silabus dan RPP Bahasa Arab kelas 1 pada masa normal dan masa pandemi di MI Sholbiyah. Perbedaan komponen-komponen yang ada pada silabus dan RPP diantarannya: jam pembelajaran, materi pembelajaran, pengurangan Kompetensi Dasar, metode, dan kegiatan pembelajaran. Adanya penguranag pada jam pembelajaran di masa pandemi yang sehingga menuntut perubahan pada komponen RPP yang lain. Kata kunci : perangkat pembelajaran, masa normal, masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, masa normal, masa pandemi Covid-19. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 14:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 14:02 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |