Mustagfiroh, Siti Rohmatul (2025) ANALISIS METODE THINK PAIR SHARE DALAM MEMBENTUK PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI DARUL ULUM KENONGO SEDAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (712kB) |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam membentuk partisispasi aktif siswa di kelas V MI darul Ulum Kenongo, yang berdampak pada kurangnya pemahaman siswa pada materi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Mengatasi hal tersebut, peneliti menganalisis penerapan metode Think Pair Share yang melibatkan tiga tahap yaitu berpikir sendiri (Think), berpasangan (Pair), berbagi hasil dengan kelompok (Share). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode think pair share dalam membentuk partisipasi aktif siswa, serta hambatan guru dalam penerapan metode Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V di MI Darul Ulum Kenongo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas V MI Darul Ulum Kenongo Sedan. Objek penelitian ini yaitu penerapan metode Think Pair Share dalam membentuk partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Darul Ulum Kenongo Sedan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Think Pair Share mampu membentuk keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di depan kelas, memperkuat pemahaman materi yang sudah diberikan oleh guru, mampu menciptakan suasana lingkungan pembelajaran yang lebih menyenangkan, dan kesiapan siswa dalam berdiskusi. Dengan demikian, peran guru berhasil apabila didukung oleh pengelolaan waktu yang efektif, oleh karena itu, guru sebagai fasilitator yang mampu mengarahkan proses diskusi yang dapat memberikan umpan balik ke siswa dalam proses diskusi berlangsung. Namun dalam penerapan metode terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Pertama hambatan dari segi perencanaan waktu, kedua hambatan waktu yang digunakan pada proses pembelajaran terbatas.
| Item Type: | Thesis (skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
| Depositing User: | Siti Rohmatul Mustagfiroh |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 16:00 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 16:00 |
| URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/2160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
