Novita, Rani (2025) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME PADA PLATFORM WORDWALL DAN QUIZIZZ UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK SISWA TUNADAKSA DI SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
Abstract
Media pembelajaran interaktif berbasis game, seperti platform wordwall dan quizizz, merupakan aplikasi web yang memanfaatkan komputer sebagai sarana belajar. Pada pendidikan luar biasa, khususnya bagi siswa tunadaksa taraf ringan yang mengalami hambatan fisik motorik. Namun, masih terdapat tantangan, yaitu kesulitan siswa tunadaksa taraf ringan dalam mengoordinasikan gerakan mata dan tangan secara tepat, yang menyebabkan kesalahan dalam memilih jawaban saat menggunakan perangkat digital. Penelitian ini secara khusus berfokus pada pengembangan kemampuan motorik halus siswa tunadaksa taraf ringan melalui pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis game wordwall dan quizizz. Fokus ini memberikan kontribusi baru, karena sebagian besar penelitian sebelumnya hanya menekankan pada aspek kognitif atau akademik, bukan pada aspek motorik halus menggunakan media digital interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan media interaktif berbasis game pada platform wordwall dan quizizz dalam mengembangkan motorik siswa tunadaksa taraf ringan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini, yaitu guru kelas dan siswa kelas I dan III tunadaksa taraf ringan. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan media pembalajaran interaktif berbasis game pada platform wordwall dan quizizz untuk mengembangkan kemampuan motorik siswa tunadaksa taraf ringan di SLB Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, dari aspek interaktivitas, media pembelajaran interaktif berbasis wordwall dan quizizz mampu menciptakan interaksi secara aktif antara guru, media, dan siswa. Pendidik secara aktif memberikan arahan langsung dan siswa tunadaksa taraf ringan terlibat secara langsung melalui berbagai jenis game edukatif. Kedua, keterlibatan siswa, terlihat adanya antusias. minat, dan motivasi yang tinggi, khususnya pada saat siswa memainkan komputer sebagai perangkat teknologi. Ketiga, kemudahan akses dan penggunaan, media interaktif berbasis game wordwall dan quizizz memberikan kemudahan bagi pendidik untuk menyesuaikan materi, waktu, dan tingkat kesulitan siswa tunadaksa taraf ringan. Keempat, motorik halus siswa tunadaksa taraf ringan, siswa mampu mengkoordinasikan tangan dan mata dan ketepatan tangan yang lebih terarah.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Rani Novita |
Date Deposited: | 10 Aug 2025 08:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2025 08:13 |
URI: | http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |