KEADILAN DALAM AL-QUR’AN; ANALISIS TERM AL-‘ADL DAN AL-QISṬ DENGAN METODE PENAFSIRAN BINTU AL-SHĀṬI’

M. Irfan, Maulana Sidik (2019) KEADILAN DALAM AL-QUR’AN; ANALISIS TERM AL-‘ADL DAN AL-QISṬ DENGAN METODE PENAFSIRAN BINTU AL-SHĀṬI’. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (640kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB)

Abstract

Kosa kata dalam al-Qur’an sangat kaya dan beraneka ragam maknanya. Salah satunya adalah kata al-‘adl dan al-qisṭ yang sering ditemukan di dalam al-Qur’an ketika membahas tentang keadilan. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama yaitu adil, namun sebenarnya memiliki perbedaan jika ditinjau lebih mendalam dari segi bahasa dan penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan makna al-Adlu dan al-Qisthu dalam al-Quran menurut Aisyah Abdurrahman Bint al-Shati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research (studi kepustakaan). Sumber data penelitian ini menggunakan data yang berasal dari al-Qur’an dan kitab al-Tafsir al-Bayani li al-Qur’an al-Karim karya Aisyah Abdurrahman bint as-Shati. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa …. Kata Kunci: Adil, al-Qur’an, al-‘adlu, al-qistu, Bintu al-Shaṭi’

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Al-Qur’an dan Tafsir > Hermeneutika Al-Qur'an
Al-Qur’an dan Tafsir > Semantik
Al-Qur’an dan Tafsir > Studi Kitab Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT)
Depositing User: Ahmad Nafiul Ulum Nafi
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:17
Last Modified: 30 Jun 2025 06:17
URI: http://repo.staialanwar.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item